rangkuman ide yang tercecer

Senin, 17 Juni 2013

angan Percaya Caleg Musang Berbulu Ayam


Jangan Percaya Caleg Musang Berbulu Ayam 
Medan, ASPIRASI.
Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Kajian Transparansi Kinerja Instansi Publik (ATRAKTIP) meminta seluruh lapisan masyarakat “Jangan percaya calon legislatif (caleg) musang berbulu ayam” sebab mereka tidak akan pernah peduli dengan kepentingan atau aspirasi rakyat ketika telah terpilih menjadi wakil rakyat. Hal itu, dikatakannya kepada wartawan mencermati berbagai sosialisasi yang gencar dilakukan para calon legislatif (DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI) menjelang pemilihan  legislatif (Pileg) 2014 di sela-sela pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST-Ir H T Erry Nuradi MSi, hari Senin (17/6) di gedung DPRD Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan. Para caleg kini mulai gencar melakukan gerilya menabur kebaikan-kebaikan palsu berbau kamuflase politik untuk meraih simpatik calon konstituen. Mereka tidak malu-malu menjumpai calon pemilih dari pintu ke pintu,  menyapa orang tak dikenal serta memberi aneka pemberian seperti memberi nasi bungkus, kipas tangan, souvenir, bahkan bantuan dana ke perkumpulan-perkumpulan berlagak sinterklas dibumbui senyum menghanyutkan dikemas untaian kata-kata manis agar terkesan benar-benar peduli terhadap permasalahan rakyat. Kebaikan-kebaikan palsu para caleg menjelang pemilihan telah menjadi agenda 5 (lima) tahunan menabur setitik harapan menuai sejuta kekecewaan rakyat karena para caleg telah membelokkan makna pemilihan umum (Pemilu) sebagai pendidikan politik menjadi pembodohan politik, sehingga para caleg bukan lagi menonjolkan visi politik tetapi kemampuan menggelontorkan kebaikan-kebaikan palsu penuh kebohongan, pungkas mantan Ketua Umum DPD Gabungan Pengusaha Kontraktor Indonesia (GABPKIN) Provinsi Sumatera Utara periode 2008-2012 itu.    
Thomson Hutasoit, lebih lanjut mengatakan kedermawanan para caleg menjelang pemilihan legislatif (Pileg)  patut disiasati serta diwaspadai seluruh lapisan  masyarakat dengan cermat dan cerdas sebab kebaikan, kedermawanan yang dipertontonkan para caleg berbulu ayam hanyalah tipu muslihat serta tipu daya untuk membius alam sadar calon pemilih, bukan didorong ketulusan untuk memperjuangkan kepentingan atau aspirasi rakyat dalam kebijakan pemerintahan atau pemerintah daerah. Sebab kita melihat kebaikan, kedermawanan para caleg-caleg itu sangat tidak berkorelasi dengan tindak-tanduk mereka setelah duduk di kursi legislatif memperjuangkan tuntutan, aspirasi rakyat yang diwalikinya. Salah satu contoh, ketika masyarakat hukum adat (MHA) menuntut hak-hak keperdataannya, misalnya perjuangan pengembalian hak hutan masyarakat hukum adat (MHA) atau tanah ulayat  justru anggota legislatif (DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI) memilih berseberangan dengan rakyat yang diwaliki serta meminta bukti alas hak hitam diatas putih (bukti tertulis-red) terhadap masyarakat hukum adat (MHA) yang menuntut perampasan hak-hak keperdataannya. Sadarkah wakil rakyat musang berbulu ayam telah melakukan wanprestasi eksistensi, janji-janji politik yang pernah ditabur disertai kedermawanan palsu ketika masa-masa kampanye ?, dan ada apa dibalik tindakan tak terpuji itu, tanyaknya balik bertanya. 
Bila mereka sadar selaku wakil rakyat maka mereka-mereka itu tidak pantas memosisikan diri lebih berpihak kepada penguasa dan pengusaha yang telah merampas hak-hak purba masyarakat hukum adat (MHA) jauh sebelum negeri ini merdeka. Janji-janji politik membela serta memperjuangkan aspirasi rakyat bagi caleg musang berbulu ayam hanyalah trik-trik politik mewujudkan libido haus kuasa dibungkus berbagai asesoris kedermawanan palsu. Karena itu, rakyat selaku pemegang kedaulatan atau hak suara harus benar-benar cermat serta cerdas  memilih calon wakilinya agar tidak menuai kekecewaan lima tahun ke depan. Selain daripada itu, para caleg yang bertaburan saat ini tidak mustahil juga belum mengetahui, memahami tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) ketika terpilih menjadi wakil rakyat sebab arti wakil rakyat saja tidak dipahami dengan baik dan benar. Buktinya, para wakil rakyat memosisikan diri melegalisasi kebijakan pemerintah, pemerintah daerah yang tak berpihak terhadap kepentingan rakyat. Bila mereka benar-benar wakil rakyat maka mereka akan menggunakan hak konstitusionalnya yakni hak legislasi, hak budget, hak pengawasan dengan baik dan benar di dalam pemerintahan, pemerintahan daerah agar kepentingan rakyat terjamin optimal, urai penulis buku serta artikel di berbagai media mengingatkan.
Rakyat tidak boleh terjebak atas kedermawanan palsu para caleg musang berbulu ayam walau mereka mengumbar berbagai kebaikan menjelang pemilihan legislatif (Pileg) sebab mereka pengidap penyakit “amnesia” atau lupa ingatan ketika kekuasaan telah digenggam. Kebaikan-kebaikan mereka hanya seumur kampanye saja setelah itu mereka bukan lagi wakil rakyat tetapi wakil dirinya, istrinya, anak-anaknya, keluarganya, kelompoknya. Kepentingan rakyat hanya dijadikan tameng untuk mengembalikan modal pemilihan hingga lupa memperjuangkan kepentingan rakyat  dalam pemerintahan atau pemerintahan daerah. Karena itu, rakyat harus benar-benar cermat serta cerdas menggunakan hak pilihnya jangan karena seorang caleg mampu memberi nasi kotak/nasi bungkus, sembako, pakaian, uang, dan lain-lain lantas percaya terhadap caleg musang berbulu ayam yang sedang melancarkan taktik strategi pembiusan alam sadar menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2014. Rakyat harus cermat serta cerdas menentukan calon pilihan melalui analisis rekam jejak kinerja (track record) para caleg ditengah-tengah masyarakat selama ini. Rakyat harus berani menolak para caleg musang berbulu ayam sebab ketika butuh dekati rakyat ketika tidak butuh dilupakan atau ditinggalkan, kata staf ahli salah satu fraksi DPRD Kota Medan itu mengakhiri. (M 03). 

Filosofi Keong


Filosofi Keong
Oleh : Thomson Hutasoit
Direktur Eksekutif LSM Kajian Transparansi Kinerja Instansi Publik (ATRAKTIP)
Pendahuluan.
Filosofi Keong yaitu perilaku kemana pun pergi tidak lupa membawa rumah atau harta. Perilaku seperti itu  mencerminkan bahwa dimana pun berada selalu  melekat  dengan harta sebab si keong tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh harta kepunyaannya. Akan tetapi, penulis tidak tahu pasti apakah si keong memahami arti dan makna harta atau rumah yang selalu dibawa kemanapun ia pergi sebab si keong kelihatannya tidak tahu dimana harta atau rumahnya itu harus diletakkan.  Keong juga memiliki komunitas punyai filosofi yang sama yakni selalu membawa rumah kemana pun pergi seperti kura-kura, siput, kerang dan lain sebagainya. Keong sering juga dijadikan pameo bermakna negatif seperti sebutan ‘si keong kau…!!!’ terhadap seseorang bila tidak menunjukkan perilaku baik dan benar dalam interaksinya ditengah-tengah masyarakat.  
Keong bagi masyarakat petani sejenis wabah perusak hasil-hasil pertanian sehingga makhluk itu salah satu musuh petani yang harus dimusnahkan atau dibasmi selain hama wereng, tikus, belalang dan lain-lain. Tetapi belakangan ini keong telah dijadikan salah satu sumber protein karena katanya nih, hampir sama gizi dan lezat dengan kerang  sehingga selain dibenci juga disukai, eee…dasar keong !. Bahkan si keong telah merambah ke dunia selebritis, aktris serta dilantunkan oleh artis-artis di hotel berbintang, di panggung politik, perhelatan rakyat jelata dan lain-lain melalui lagu dangdut “Keong Racun”,  eee… lagi-lagi dasar keong…! merambah kemana-mana. 
Selain keong racun ada juga menyandang nama keong mas tapi apapun namanya keong tetaplah keong  tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh harta atau kepunyaannya. Perilaku seperti itu, banyak juga merasuki perilaku manusia pada era materialistis belakangan ini. Padahal sikap perilaku seperti itu bisa menimbulkan sifat sombong, angkuh, dengki, loba, serakah, dan lain sebagainya. Apalagi bila menumpuk harta atau kekayaan menjadi satu-satunya motif hidup. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta atau kekayaan mendorong seseorang melakukan tindakan koruptif, pelanggaran hukum, pengabaian etika, melacurkan harkat dan martabat  seperti menu-menu berita berbagai media di negeri ini. 
Keong racun, keong mas, di hotel berbintang, di panggung politik, di perhelatan rakyat jelata, di parit sekalipun atau  dimana berada tetap juga namanya keong. Demikian juga manusia dimanapun berada jika motif mengumpul harta atau kekayaan telah dijadikan satu-satunya falsafah hidup akan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tidak jadi soal apakah itu dari jalan halal atau haram, melanggar hukum, melanggar sumpah/janji jabatan, bahkan melacurkan diri sah-sah saja. Tindakan demikian sadar atau tidak telah merendahkan harkat dan martabat selaku makhluk beradab yang dianugerahi Tuhan intelektualitas supaya mampu membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang boleh dan tidak, mana yang halal dan haram, dan lain sebagainya.  
Memiliki harta kekayaan bukanlah suatu kesalahan atau dosa tapi harta-harta itu hendaknya berasal dari jalan yang benar supaya harta dan kekayaan itu  meninggikan  harkat dan martabat kemanusiaan bagi pemiliknya serta pihak lain. Kasus-kasus korupsi yang menyeret petinggi-petinggi penyelenggara negara atau pemerintahan seperti menteri, gubernur Bank Indonesia, gubernur, bupati/walikota, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, pejabat BUMN/BUMD, para penegak hokum (polisi, jaksa, hakim, pengacara/advokat),  konglomerat, serta petinggi partai yang melanggar sumpah/janji jabatan untuk menumpuk harta kekayaan. Tindakan menghalalkan segala cara menghantarkan mereka ke hotel prodeo atau penjara dengan predikat ‘tikus-tikus’ negara serta sampah masyarakat, dan  di sapa, si keong…!!! yang bermakna merendahkan harkat martabatnya. Bila demikian, apa arti dan makna harta kekayaan yang dimiliki seseorang kalau harkat dan martabat kemanusiaannya telah disetarakan dengan keong, tikus dan sampah ditengah-tengah masyarakat. Bukankah harkat, martabat kemanusiaan yang membedakan manusia dengan keong, tikus, hama wereng, belalang, dan lain-lain yang mendapat sumpah serapah dari masyarakat. 
Filosofi atau pandangan hidup akan mempengaruhi pola pikir dan pola tindak sehingga setiap makhluk mempunyai perbedaan satu sama lain. Manusia di atas jagat raya ini juga mempunyai pandangan hidup berbeda-beda. Karena itu pula lah satu bangsa dengan bangsa lain mempunyai pandangan hidup masing-masing. Ada pandangan hidup seseorang bagaimana menumpuk harta kekayaan, menimba ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) setinggi-tingginya, mendapatkan jabatan atau kekuasaan setinggi-tingginya, dan lain-lain. Akan tetapi, apapun pandangan hidup hendaknya diwujudkan melalui cara-cara elegan, bukan menghalalkan segala cara agar capaian prestasi dan prestise itu bermanfaat untuk kemaslahatan umat manusia, serta lingkungan di atas jagat raya ini. 
Trilogi Batak-Toba. 
Setiap manusia di atas bumi mempunyai pandangan hidup berbeda-beda, dan perbedaan pandangan hidup itu merupakan hal yang wajar-wajar saja seperti pepatah klasik mengatakan ‘rambut sama hitam pikiran bisa berbeda’ dan perbedaan serta kemajemukan itu merupakan pelangi kehidupan sangat indah. Demikian juga Batak-Toba mempunyai folosofi hidup antara lain mempunyai keturunan (hagabeon), harta kekayaan (hamoraon), kehormatan (hasangapon). Pandangan hidup itu adalah “Trilogi” hidup Batak-Toba sekaligus cita-cita yang ingin dicapai. Perwujudan “Trilogi” hidup Batak-Toba sadar atau tidak turut juga mempengaruhi pola pikir serta pola tindak dalam hidup sehari-hari Batak-Toba yang mungkin saja sangat jauh berbeda dengan bangsa-bangsa lain.
Trilogi hidup Batak-Toba tercermin di dalam pandangan hidup Dalihan Na Tolu (DNT) yang mengatakan, “Molo naeng ho gabe, somba marhula-hula. Molo naeng ho sangap, manat mardongan tubu. Molo naeng ho mamora, elek marboru” artinya, jika ingin berketurunan hormatlah terhadap hula-hula, jika ingin terhormat hati-hati terhadap dongan tubu, jika ingin kaya sayang terhadap boru”. Pandangan hidup seperti itu menjadi landasan dasar karakter moral Batak-Toba hormat, hati-hati, sayang atau pengayom di dalam interaksi sesama. Diluar karakter demikian tentu harus dimaknai penyimpangan karakter kolektif Batak-Toba yang diakibatkan inkulturasi maupun akulturasi. Sebab pergeseran nilai hakiki serta nilai luhur adat budaya tidak terlepas dari pengaruh inkulturasi maupun akulturasi.     
Berbagai analisis tentang filosofi Batak-Toba telah banyak dilakukan belakangan ini, dan analisis-analisis itu didasarkan dari berbagai sudut pandang pula. Ada analisis dari sudut pandang teologis, hukum, budaya, dan lain sebagainya. Akan tetapi, berbagai analisis itu hendaknya didasarkan pada dalil obyektif sehingga analisis itu tidak bersifat tendensius apalagi berbau menghakimi serta menegasi pandangan hidup Batak-Toba sebagai warisan budaya. Karena sebagai pandangan hidup Batak-Toba “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon” adalah cita-cita bersifat universal, bahkan bukan saja Batak-Toba bercita-cita demikian tetapi manusia-manusia hidup di atas jagat raya ini. Pandangan hidup adalah pilihan hidup sehingga satu bangsa dengan bangsa lain mempunyai pandangan hidup berbeda-beda. 
Keturunan (Hagabeon-red) adalah proses perpanjangan generasi dan salah satu dari tujuan perkawinan adalah supaya berketurunan. Arti penting keturunan (hagabeon) yang menjadi salah satu filosofi Batak-Toba adalah cita-cita sangat manusiawi walau dalam kenyataannya tidak semua perkawinan dikaruniai keturunan. Sebab ungkapan Batak-Toba mengatakan “Tu ginjang ninna porda tu toru pambarbaran, Tu ginjang ninna roha patoruhon do sibaran” dalam terjemahan bebas keinginan boleh tinggi tetapi suratan tangan atau takdir tidak mendukung. Karena hidup  “ Ndada si manuk-manuk sibontar andora, ndada si todo turpuk si ahut lomo ni roha” maksudnya, hidup tidak bisa tergantung keinginan semata tetapi sesuai kehendak Sang Khalik. Semua boleh bercita-cita tapi cita-cita itu tidak terlepas dari Tuhan pencipta semesta alam. 
Keturunan (Hagabeon-red) tidak semata-mata atas kehendak manusia tapi atas kehendak Tuhan Yang Mahakuasa sehingga pandangan hidup Batak-Toba Hagabeon bukan semata-mata didasarkan ego centris Batak-Toba melainkan cita-cita hakiki untuk memperpanjang regenerasi atau silsilah (Tarombo-red) secara berkelanjutan. Cita-cita demikian tentu wajar serta manusiawi sehingga tidak perlu ditafsirkan negatif sebab tafsir seperti itu sangat tendensius dan menyudutkan Batak-Toba secara tidak langsung.
Sebagai pandangan hidup “Hagabeon” adalah cita-cita luhur dari perkawinan Batak-Toba melanjutkan regenerasi alamiah sebagaimana sabda Sang Khalik terhadap manusia untuk mengisi semesta alam yang diciptakannya. Pemahaman hakiki atas kehendak Tuhan tidak boleh ditafsirkan menyimpang agar tafsir-tafsir tentang “Hagabeon” tidak bersifat tendensius serta penyesatan logika yang bisa merusak keluhuran filosofi Batak-Toba tentang makna sejati “Hagabeon”. Fenomena yang terjadi pada era belakangan ini adalah kecenderungan interpretasi bersifat subyektivitas serta menegasi nilai-nilai luhur melalui justifikasi-justifikasi subyektif demi kepentingan tertentu. Hal itu, tentu amat sangat keliru sebab bisa mendegradasikan nilai luhur budaya secara kolektif. Siapa pun manusia di dunia ini yang melangsungkan perkawinan cita-citanya adalah mempunyai keturunan, tapi tidak semua perkawinan dikaruniai keturunan seperti ungkapan klasik Batak-Toba mengatakan “Ndada simanuk-manuk si bontar andora, Ndada sitodo turpuk siahut lomo ni roha” sebab takdir (turpuk-red) seseorang telah ditentukan Sang Pencipta. 
Kaya (Hamoraon-red) adalah cita-cita sangat manusiawi dan setiap manusia waras dan kaya adalah impian setiap orang dalam hidupnya. Akan tetapi, mencapai harta dan kekayaan itu hendaknya diperoleh dari cara atau jalan yang baik dan benar. Jangan menghalalkan segala cara sebab cara-cara demikian sangat tidak dibenarkan Batak-Toba sebagaimana ungkapan klasik mengatakan, “Ndang jadi panganon sian balik ni rere” artinya, tidak boleh memperoleh sesuatu dari jalan yang tidak benar. Karena itu, perilaku korup serta menghalalkan segala cara untuk memperoleh harta kekayaan sangat bertolak belakang dengan filosofi Batak-Toba. Ingkon torang songon mataniari, rondang songon matanibulan” artinya, harus jelas darimana sumber atau asal-usul harta kekayaan tersebut. 
Pandangan hidup Batak-Toba tentang “Hamoraon” yakni “molo naeng ho mamora, elek ma ho marboru” adalah suatu ikhtiar yang mengharuskan Batak-Toba agar selalu memiliki kasih sayang, pengayom terhadap pihak lain, khususnya terhadap kelompok boru sebagaimana ungkapan klasik mengatakan, “Durung do boru, tomburon hula-hula” artinya, bila boru memperoleh mata pencaharian yang baik ataupun mempunyai harta kekayaan maka hula-hula pada komunitas Batak-Toba berhak untuk meminta kepada borunya. Dan boru pun menyadari hal itu merupakan berkat doa dari hula-hulanya seperti ungkapan mengatakan, “songon na mandanggurhon batu tu dolok-dolok do mangalehon tu hula-hula” maksudnya adalah pemberian kepada hula-hula tidaklah sia-sia tapi mendatangkan rezeki yang lebih besar dikemudian hari. Karena itulah bagi Batak-Toba boru menjadi andalan utama pengumpulan donasi (tumpak-red) bila ada perhelatan (ulaon-red) keluarga. Kemudian diakhir hidup seseorang orang tua laki-laki atau perempuan (bere/boru) dilaksanakan “Ungkap Hombung” untuk meminta sebahagian mata pencaharian atau harta kekayaan bere atau borunya. Dan hal itu merupakan hak dan kewajiban adat budaya Batak-Toba. 
Pada Batak-Toba boru juga meyakini bahwa capaian kesuksesan harta kekayaan yang dimiliki tidak terlepas dari berkat doa hula-hula sebagaimana ungkapan mengatakan, “Ni durung si tuma mangihut pora-pora, tanging ni hula-hula na pogos boi do jadi mamora” artinya, berkat doa hula-hula terhadap borunya yang miskin bisa jadi kaya raya. Karena itu, memberi atau memenuhi permintaan hula-hula mendatangkan rezeki dikemudian hari. Ini adalah pandangan hakiki  adat budaya Batak-Toba yang dipertahankan serta dilestarikan dari generasi ke generasi. 
Kehormatan (Hasangapon-red) adalah cita-cita manusiawi dari setiap insan manusia di atas planet ini sehingga bukan saja Batak-Toba yang memiliki pandangan hidup seperti itu. Titik kulminasi capaian manusia dalam hidup adalah menggapai prestasi dan prestise sehingga setiap manusia selalu beraksioma, berikhtiar untuk mencapainya. Walau demikian upaya-upaya untuk mencapai kehormatan (Hasangapon-red) hendaknya diperoleh melalui cara-cara yang baik dan benar. Bukan menghalalkan segala cara sebab cara-cara seperti itu tidaklah elegan   bahkan bisa menimbulkan aib dikemudian hari. 
Kehormatan (Hasangapon-red) adalah prestise ditengah-tengah masyarakat melalui capaian Hagabeon, Hamoraon maupun tingkat intelektualitas, jabatan, dan lain sebagainya. Salah satu hal istimewa dari Batak-Toba adalah kegigihannya menyekolahkan anak sebagaimana lirik lagu “Anakhonhi di hamoraon di au” karya komponis besar almarhum Nahum Situmorang yang menginspirasi Batak-Toba menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta berbagai status sosial di era kemajuan Iptek belakangan ini. Kemauan kuat menyekolahkan anak hingga strata setinggi-tingginya menjadikan Batak-Toba salah satu contoh tauladan bagi komunitas-komunitas lain di kancah nasional maupun internasional sekalipun tanah leluhur atau bona pasogit Batak-Toba masih menyandang predikat “Peta Kemiskinan”. 
Ungkapan klasik “Molo naeng ho sangap, manat ma ho mardongan tubu” mengilhami segenap generasi Batak-Toba supaya selalu berhati-hati dalam pola pikir dan pola tindak hidup sehari-hari. Kearifan lokal “Ni langka tu jolo tinailihon tu pudi” adalah salah satu landasan karakter selalu hati-hati, waspada, serta tidak boleh bertindak semena-mena. Setiap tindakan yang dilakukan harus dipertimbangkan matang berserta efeknya dikemudian hari. Segala sesuatu harus diperhitungkan dengan baik dan benar sebelum mengambil keputusan sebagai wujud nyata sikap hati-hati (manat-red) Batak-Toba. 
  Capaian prestasi  dan/atau prestise yang didasarkan “Trilogi” Batak-Toba  harus dimaknai positif serta bersifat universal walau dalam penyebutan berbeda dengan “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon”. Sebagai cita-cita tentu tidak selamanya harus tercapai sebab manusia memiliki kemampuan terbatas sehingga tidak semua manusia, khususnya Batak-Toba memperoleh “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon” dalam hidup. Karena itu, Trilogi Batak-Toba harus diketahui, dipahami secara paripurna agar multitafsir bersifat tendensius dapat dihindari yang tidak mustahil mendegradasikan nilai hakiki “hagabeon, hamoraon, hasangapon” itu sendiri. 
Trilogi Batak-Toba adalah konsep besar kehidupan warisan para leluhur bersifat normatif, obyektif, serta universal karena siapa pun manusia diatas planet ini bila melangsungkan perkawinan tentu bercita-cita punya keturunan (hagabeon), bekerja keras dan berusaha bercita-cita punya harta kekayaan (hamoraon), berupaya mencapai status sosial atau kedudukan bercita-cita menjadi orang terhormat (hasangapon) ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara. Demikian halnya Proklamator Negara Republik Indonesia Bung Karno dengan konsep besar TRI SAKTI yakni “Berdaulat dalam politik, berkepribadian  dalam kebudayaan, berdikari dalam ekonomi” adalah pandangan hidup bangsa yang seharusnya dilaksanakan agar bangsa ini berdaulat serta berwibawa di mata bangsa-bangsa di dunia. Bila ditarik korelasi antara Trilogi Batak-Toba dengan TRI SAKTI Bung Karno akan tergambar korelasi serta relevansi antara kedua konsep besar kehidupan tersebut walau dalam tata urutannya tidak otentik. Berdaulat dalam politik adalah kehormatan (hasangapon-red) suatu bangsa ditataran pergaulan bangsa-bangsa di dunia. Berkepribadian dalam kebudayaan adalah kemampuan mempertahankan, melestarikan adat budaya serta karakter jati diri dari generasi ke generasi berikutnya (hagabeon-red) sebab proses regenerasi alamiah harus dipersiapkan dengan baik dan benar karena tidak mustahil akan terjadi generasi hilang (loss generation) atau melahirkan generasi tak berjati diri. Berdiri diatas kaki sendiri (Berdikari) di dalam ekonomi adalah kemandirian dan kedaulatan dalam ekonomi (hamoraon-red) sebab kemakmuran dan kesejahteraan salah satu tujuan mendirikan negara-bangsa Indonesia sebagaimana termaktub pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 
Pemutarbalikan, penyesatan serta pembelokan logika terhadap konsep besar kehidupan melalui berbagai postulat-postulat dangkal telah merusak pemahaman hakiki terhadap nilai-nilai luhur warisan bangsa. Akibatnya, nilai-nilai luhur adat budaya bangsa yang tersebar di bumi Nusantara tercaplok hedonisme, individualisme, konsumtivisme, egoisme, anarkhisme  yang sama sekali tidak sesuai karakter bangsa Indonesia. Pandangan hidup bangsa menjadi kompas, arah sekaligus cita-cita yang ingin diwujudkan dalam hidup manusia. Pandangan hidup itu juga berfungsi untuk mengevaluasi berhasil tidaknya perjalanan suatu bangsa. 
Sebagai konsep besar kehidupan “hagabeon, hamoraon, hasangapon” hendaknya dilihat dari kacamata positif, bukan dari sisi pandang negatif serta tendensius sebab pandangan demikian akan menciderai arti dan makna luhur pandangan hidup Batak-Toba, padahal “hagabeon, hamoraon, hasangapon” adalah cita-cita yang tidak saja cita-cita Batak-Toba tapi seluruh manusia diatas bumi ini. Oleh sebab itu,  pihak-pihak yang selama ini menuding bahwa Trilogi Batak-Toba adalah cerminan kesombongan, keangkuhan Batak-Toba perlu menyadari bahwa “hagabeon, hamoraon, hasangapon” adalah cita-cita manusia diatas jagat raya ini. Salah satu cuplikan lirik lagu “Marragam-ragam do anggo sita-sita ni hita manisia, marasing-asing do anggo pangidoan di ganup-ganup jolma. Hamoraon, hagabeon, hasangapon ido dilului nadeba”, artinya bermacam-macam cita-cita manusia di dunia ini ada bercita-cita kaya raya, berketurunan, terhormat, dan lain sebagainya. Sebagai cita-cita tentu tidak otomatis terwujud sebab “Tu ginjang ninna porda tu toru pambarbaran, Tu ginjang ninna roha patoruhon do sibaran” maksudnya cita-cita dan impian ingin hebat tapi suratan tangan dan takdir (gurat-gurat ni tangan dohot turpuk-red) berkata sebaliknya. Siapakah manusia di dunia ini sanggup mengubah takdirnya sendiri ? sebab Tuhan telah menentukan takdir seseorang dalam hidupnya, hanya saja manusia tidak mampu mengetahui takdirnya. 
Sekaitan dengan “Filosofi Keong” sebagaimana judul tulisan ini adalah suatu perbandingan pandangan hidup yang hanya menonjolkan penumpukan harta kekayaan sebagai motif hidup sehingga segala tindak-tanduknya semata-mata diarahkan untuk penumpukan harta kekayaan termasuk menghalalkan segala cara. Pandangan hidup seperti ini sangat tidak sesuai dengan Trilogi Batak-Toba “hagabeon, hamoraon, hasangapon” yang dilandasi keluhuran karakter. Salah satu kearifan lokal Batak-Toba “Tumagon do mamora di roha marpogos di arta, unang apala mamora di arta marpogos di roha” artinya, jauh lebih baik kaya karakter moral miskin harta, daripada kaya harta miskin karakter moral. Hal itu menunjukkan bahwa muara dari Trilogi Batak-Toba membangun keluhuran karakter moral dan jati diri seseorang ditengah-tengah masyarakat, bangsa maupun negara. 
Manusia yang memiliki sifat seperti “keong” tidak segan-segan melakukan pengkhianatan, pelacuran diri demi mendapatkan sesuatu (harta, jabatan) di dalam hidupnya sehingga sering disebut “si keong”. Sebutan si keong terhadap seseorang menunjukkan karakter buruk yang mau memperhambakan diri terhadap materi atau harta sebab bagi dirinya tujuan hidup tiada lain selain harta kekayaan. Dan demi mewujudkan motif hidup menghalalkan segala cara, termasuk melacurkan diri tidak jadi soal. Padahal harkat kemanusiaan jauh lebih tinggi daripada harta kekayaan dalam bentuk apapun. Manusia yang selalu menonjolkan kepentingan atau kehendaknya sama dengan “keong” yang tidak mampu melepaskan diri dari rumah atau hartanya. Sedangkan manusia seutuhnya mampu menerima keberadaannya walau dalam keadaan apapun juga. 
                                                                                                          Medan, 17 Juni 2013
                                                                                                         Thomson Hutasoit. 
       
  
  
          
              

Menilik Diaspora Batak Membangun Bona Pasogit


Menilik Diaspora Batak Membangun Bona Pasogit 
Oleh : Thomson Hutasoit 
Pendahuluan.
Sekedar mengingatkan generasi Batak, khususnya Batak-Toba leluhur kita sangat menginginkan generasi-generasinya supaya tidak pernah lupa dengan tanah leluhur (bona pasogit-red), bahkan salah satu lirik lagu ‘Arga do bona ni pinasa’ dengan tegas dikatakan” Arga do bona ni pinasa di halak na bisuk marroha ai do tona ni ompunta tu hita angka pinomparna” artinya,bahwa bagi orang-orang bijak tanah leluhur (Bona Pinasa) sangat lah penting sehingga tidak boleh dilupakan selama hidupnya. Dao pe ho nuaeng marhuta sambulon do na hot tongtong, sai ingot mulak dung matua, sai mulak-mulak ma tu huta. Artinya, sejauhmana pun tempat perantauan tapi kampung halaman tidak pernah terlupakan. Inilah salah satu himbauan atau nasehat (poda-red) para leluhur Batak, khususnya Batak-Toba kepada seluruh generasinya dimanapun berada. 
Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah sejauhmana makna nasehat (poda-red) leluhur itu diwujudkan para generasi Batak yang telah menyebar (diaspora-red) di berbagai belahan dunia serta telah mencapai kemajuan baik secara ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) maupun kemampuan finansial karena generasi Batak, khususnya Batak-Toba telah banyak mencapai tingkat pendidikan prestisius maupun konglomerat di tempat perantauan masing-masing. Sementara Bona Pasogit atau tanah leluhur Batak, khususnya Batak-Toba seperti Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah masih tetap merindukan sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta modal investasi untuk mengubah raut wajah Bona Pasogit agar tidak lagi menyandang sebutan peta kemiskinan yang menjadi stigma negatif (turik ngenge-red) di fora nasional maupun internasional. 
Makna sejati tujuan merantau (diaspora) putera-putri Batak, khususnya Batak-Toba adalah mengubah nasib serta mencapai tingkat kemajuan di rantau orang sebab di Bona Pasogit masih diselimuti berbagai kesulitan hidup (alani pogos-red) sehingga selalu berusaha untuk mencapai kemajuan di perantauan. Tujuan merantau sejatinya bukan lah meninggalkan dan melupakan tanah leluhur atau Bona Pasogit karena Bona Pasogit adalah sambulon yakni tempat menutup mata dan beristirahat untuk selama-lamanya. Hal itu dapat dibuktikan melalui masih banyaknya animo orang Batak, khususnya Batak-Toba ingin dikebumikan (disuanthon-red) di kampung halamannya atau Bona Pasogitnya.
Animo besar orang Batak, khususnya Batak-Toba ingin dikebumikan di Bona Pasogit di akhir hidup dengan perhatiannya terhadap Bona Pasogit ketika mencapai keberhasilan di perantauan suatu hal penting untuk direnungkan dengan sungguh-sungguh oleh setiap generasi Batak agar Bona Pasogit bukan sekadar tempat penampungan orang meninggal (parbandaan-red) yang menambah stigma negatif berkepanjangan. Artinya, Bona Pasogit hanya dijadikan tempat persemayaman orang mati bukan tempat harapan orang hidup sebab diaspora Batak, khususnya Batak-Toba tidak pernah secara nyata-nyata mendatangkan kemaslahatan dan berkah terhadap Bona Pasogit sebab generasi Batak lupa diri, lupa asal-usul, lupa tanah leluhur ketika hidup diselimuti glamour keberhasilan di rantau orang seperti lirik lagu ‘Di Topi Parik’. 
Cukilan lirik lagu ‘Di Topi Parik’ rasanya penting untuk dicamkan kembali setiap generasi Batak yang berhasil di perantauan yakni “ai tung tarida ma da goar mi amang sahat tu ujung ni portibion, alai lupa do ho da di lage-lage podoman mi naung maribak i, dohot dalan na margamboi amang da na di toru ni sampilpil i, ido huta hatubuan mi amang  lupa do ho. Holan uap na so marimpola i na mangharaphon hapistaran mi, ima upani na manubuhon ho dangol nai”. Dalam terjemahan bebas bermakna ketenaran nama serta keberhasilan telah menyebar ke seluruh belahan dunia, tetapi lupa dengan penderitaan di kampung halaman sehingga keberhasilan itu tidak bermakna sama sekali terhadap sanak famili (haha anggi-red) di Bona Pasogit. Bahkan menimbulkan sumpah serapah karena akan disetarakan dengan si Malin Kundang, si Sampuraga yang malu terhadap ibu kandungnya karena miskin. 
Diaspora Batak. 
Diaspora Batak adalah penyebaran dan persebaran Batak di berbagai belahan Nusantara bahkan dunia yang tujuannya memperbaiki nasib karena di Bona Pasogit mengalami berbagai kesulitan hidup. Kesulitan-kesulitan hidup itu lah pemicu utama generasi-generasi Batak, khususnya Batak-Toba meninggalkan tanah leluhur atau Bona Pasogit ke rantau orang dengan maksud memperbaiki nasib lebih baik.
Penyebaran dan persebaran Batak di berbagai belahan dunia tentu memiliki konsekwensi sumber daya manusia (SDM) sebab para perantau Batak yang meninggalkan Bona Pasogit sudah barang tentu mempunyai tingkat intelektualitas diatas generasi yang tinggal di Bona Pasogit, akibatnya perkembangan kemajuan Bona Pasogit mengalami perlambatan dari yang semestinya seandainya generasi-generasi Batak yang memiliki intelektualitas mumpuni masih tetap berdomisili di Bona Pasogit. Cerdik pandai Batak lebih cenderung memilih berdomisili di perantauan karena peluang memperoleh keberhasilan jauh lebih besar bila dibandingkan di Bona Pasogit. Salah satu contoh konkret adalah enggannya para dokter spesialis generasi Batak mengabdikan diri di Bona Pasogit seperti di Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah dan lain sebagainya, padahal dokter-dokter spesialis hebat di kota-kota besar banyak dari generasi Batak, khususnya Batak-Toba. Demikian dengan profesi-profesi lain semisal Advokat atau Pengacara kesohor tingkat nasional maupun internasional banyak menyandang marga Batak, khususnya Batak-Toba. 
Keberanian generasi-generasi Batak, khususnya Batak-Toba untuk merantau (diaspora)  di negeri orang menjadikan generasi-generasi Batak tidak sulit ditemukan di berbagai belahan dunia. Migrasi Batak ke berbagai daerah maupun negara adalah migrasi sukarela sehingga merupakan pilihan hidup tanpa memberati negara atau pemerintahan sebagaimana program transmigrasi yang pernah dilakukan pemerintah   Soeharto di era orde baru (Orba) yang lalu. 
Sungguh menarik untuk dielaborasi sifat dan sikap diaspora Batak, khususnya Batak-Toba merantau di negeri orang sebab keberanian meninggalkan tanah leluhur atau Bona Pasogit memiliki berbagai konsekwensi hidup seperti kemampuan berasimilasi, kemampuan berkompetisi, kemampuan berasosiasi, dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan seperti itu sangat berkorelasi dengan karakter Batak, khususnya Batak-Toba yang dilandasi falsafah hidup ‘Dalihan Na Tolu’ dalam arti seluas-luasnya. Sikap hormat (somba-red), hati-hati dan waspada (manat-red), serta sayang dan penganyom (elek-red) merupakan senjata pamungkas yang tidak pernah dilupakan setiap generasi Batak, khususnya Batak-Toba dimana pun berada. 
Asimilasi atau penyesuaian sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan di perantauan merupakan salah satu kunci keberhasilan diaspora Batak dimana pun berada. Sadar atau tidak, diketahui atau tidak generasi-generasi Batak bahwa hal itu merupakan bukti nyata sesuai dengan simbol Batak yakni “Cicak” (Boraspati-red) yang mampu menempel di dinding vertikal ataupun di langit-langit rumah yang memangsa nyamuk-nyamuk sehingga manusia terhindar dari bahaya digigit nyamuk. Demikian halnya dengan orang Batak selalu memposisikan diri melindungi dan mengayomi pihak-pihak lain secara maksimal sehingga keberadaannya mudah berasimilasi dengan siapapun termasuk penduduk asli di daerah perantauan. Dedikasi, loyalitas serta karakter bersahaja terhadap sesama yang ditunjukkan orang Batak menjadikan hubungan komunikasi semakin cair terhadap siapapun. 
Selain daripada itu, orang Batak, khususnya Batak-Toba di perantauan memiliki kemampuan asimilasi kebudayaan yakni penyesuaian diri terhadap kebudayaan dan pola-pola perilaku (KBBI, 2007) setempat karena itu pula lah orang Batak yang merantau di daerah Bandung sudah memiliki sifat seperti orang Sunda asli karena orang Batak selalu berprinsip ‘dimana tanah di pijak disitu langit di junjung’ (disi tano ni dege disi do langit di jungjung-red). Karena itu orang Batak, khususnya Batak-Toba selalu memosisikan tempat domisili sama dengan tanah leluhur atau Bona Pasogitnya sendiri. Ada satu adagium “Bulu so habuluan manang langge so halanggean, huta ni damang hatubuan, ndang marimbar tano hamatean” yaitu kampung halaman tempat kelahiran tapi dimanapun meninggal tidak lah jadi soal. Adagium ini menunjukkan bahwa generasi Batak selalu berprinsip dimanapun berada sama seperti berada di tanah leluhur atau Bona Pasogit sendiri. Karena itu, orang Batak di perantauan menampilkan diri menjadi agen kemajuan semaksimal mungkin walaupun sebagai orang pendatang. 
Sifat komunal yang dilandasi falsafah Dalihan Na Tolu yakni somba marhula-hula, manat mardongan tubu, elek marboru menjadi salah satu elemen utama untuk membentuk hubungan erat sesama anak perantauan dan karena itu pula lah perkumpulan (Punguan-red) orang Batak, baik berdasarkan pertalian darah (marga-red) maupun pertalian berdasarkan daerah asal-usul sangat mudah ditemukan di daerah diaspora Batak. Dan lahirnya berbagai perkumpulan itu menjadikan orang Batak di perantauan tidak ada bedanya seperti tinggal di tanah leluhur atau Bona Pasogit sendiri. Sifat komunal Batak di perantauan kemudian melahirkan tatanan baru dimana falsafah Dalihan Na Tolu yang merupakan elemen kekeluargaan dan kekerabatan Batak, khususnya Batak-Toba berkembang menjadi Dalihan Na Tolu pa opat Sihal-sihal yakni unsur Hula-hula, Dongan Tubu, Boru, serta Dongan Sahuta. Dengan demikian komunitas Batak, khususnya Batak-Toba di perantauan menjadikan falsafah hidup “somba marhula-hula, manat mardongan tubu, elek marboru, denggan mardongan sahuta”. Inilah salah satu sisi positif diaspora Batak yang dilahirkan asimilasi sikap yakni proses pudarnya prasangka terhadap golongan-golongan ditengah kehidupan diaspora Batak. 
Dari berbagai prestasi serta prestise yang dicapai generasi Batak diperantauan yang notabene sebagai orang pendatang dan tidak mustahil merupakan etnik minoritas menunjukkan bahwa orang Batak, khususnya Batak-Toba telah mampu melakukan terobosan asimilasi struktural yakni pemberian kesempatan kepada golongan minoritas untuk menjadi warga lembaga sosial primer dari golongan mayoritas (KBBI, 2007). Maka dengan demikian tidak perlu heran bila orang Batak mampu menduduki berbagai posisi strategis di daerah yang bukan tanah leluhur atau Bona Pasogitnya, misalnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta, kepala daerah, DPR RI, DPD RI dan lain sebagainya. Keberhasilan-keberhasilan seperti itu merupakan bukti nyata keberhasilan diaspora Batak yang seharusnya membawa pengaruh positif terhadap percepatan perkembangan kemajuan Bona Pasogit jika para anak rantau Batak belum tertular penyakit jauh di mata jauh di hati (holip sian mata holip sian roha-red). 
Akan tetapi keberhasilan diaspora Batak di perantauan masih belum secara maksimal membawa multiplier effect terhadap perkembangan kemajuan Bona Pasogit karena masih dalam hitungan jari tangan para perantau yang berhasil benar-benar memberikan perhatian maksimal terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan Bona Pasogit. Kita patut mengacungkan jempol kepada Letjend (Purn) TB Silalahi yang telah membangun Yayasan Pendidikan Sopo Surung, Jenderal (Purn) Luhut Panjaitan yang membangun Yayasan DEL untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul dari Bona Pasogit, DR GM Panggabean (alm) yang membangun Universitas Tapanuli Utara (UNITA) dan lain-lain sehingga jendela kemajuan Bona Pasogit mulai terbuka era belakangan ini. Namun demikian, bila dilihat dari keberhasilan anak perantauan (diaspora) Batak, khususnya Batak-Toba jumlah yang telah memberikan perhatian serta menginvestasikan kapitalnya di Bona Pasogit masih sangat minim. Padahal jika anak perantauan (diaspora) yang berhasil di daerah lain mau menanamkan investasinya di Bona Pasogit maka sebutan peta kemiskinan akan berubah dengan cepat menjadi “Bona Pasogit Sejahtera (Bona Pasogit Tano Hasonangan-red)” impian umat manusia. Inilah yang dinantikan Bona Pasogit, bukan diskusi, seminar, sarasehan atau apapun namanya yang hanya pelipur lara atas penderitaan tanah leluhur Batak, khususnya Batak-Toba. 
Pemerintah daerah di Bona Pasogit (Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah) perlu juga memikirkan pemberian penghargaan (A Ward) kepada putera-puteri Bona Pasogit yang telah memberikan perhatian serta kepedulian terhadap perkembangan Bona Pasogit. Penghargaan Bona Pasogit A Ward akan menjadi instrumen pendorong bagi diaspora Batak-Toba untuk berlomba-lomba memberikan perhatian serta kepedulian pembangunan Bona Pasogit. Jangan seperti selama ini, memberikan perhargaan atau bulang-bulang kepada seseorang, padahal seseorang itu belum menunjukkan aksi nyata memajukan Bona Pasogit selain bernilai politis. Karena itu, pemberian penghargaan atau A Ward harus didasarkan pada fakta obyektif, transparan, akuntabel, serta kredibel sehingga pemberian penghargaan atau A Ward itu benar-benar sebuah penghargaan serta bisa diterima, disetujui semua pihak. 
Gerakan Membangun Bona Pasogit (GMBP). 
 Lirik lagu ‘Arga do Bona ni Pinasa” sadar atau tidak adalah salah satu Gerakan Membangun Bona Pasogit (GMBP) yang sudah lama dilantunkan generasi-generasi Batak, khususnya Batak-Toba tetapi lantunan lirik lagu tersebut belum membumi melahirkan kesadaran untuk memacu perkembangan kemajuan tanah leluhur atau Bona Pasogit. ”Dao pe ho nuaeng marhuta sambulon do na hot tongtong, saingot mulak dung matua, sai mulak-mulak ma tu huta” adalah himbauan, peringatan, nasehat para leluhur Batak kepada generasinya sepanjang masa. Akan tetapi, himbauan, peringatan, nasehat para leluhur itu telah salah ditafsirkan para generasi Batak di perantauan sebab hanya diakhir hayat Bona Pasogit dirasa penting sementara di masa hidup dan masa kejayaan Bona Pasogit terkesan dilupakan sehingga capaian-capaian keberhasilan di rantau orang tidak secara nyata-nyata digunakan energi percepatan kemajuan tanah leluhur. 
Fenomena yang terjadi adalah dikala seseorang perantau meninggal dunia (monding-red) maka jasad atau mayat yang bersangkutan diamanahkan kepada anak, dan keluarganya agar dibawa serta dikebumikan di Bona Pasogitnya. Membawa jasad atau mayat perantau Batak, khususnya Batak-Toba ke Bona Pasogit bukanlah suatu kesalahan atau dosa sebab Bona Pasogit adalah tanah leluhur atau Bona Pasogit orang Batak. Tetapi yang menjadi permenungan sekaligus pertanyaan adalah sejauhmana yang bersangkutan selama hidupnya memberikan perhatian terhadap perkembangan kemajuan Bona Pasogit ? Sebab apabila semasa hidup tidak pernah peduli dengan Bona Pasogit mengapa justru di akhir hayat menginginkan berkubur di tanah leluhur ? Padahal makna sejati dari ‘arga do bona ni pinasa’ diperlukan orang hidup (jolma na mangolu-red) serta orang bijak (na bisuk marroha-red) bukan orang-orang meninggal atau tempat berkumpul jasad-jasad orang meninggal atau pekuburan (parbandaan-red). Selain daripada itu, pasca terbukanya roda demokrasi langsung para anak perantauan banyak yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif maupun calon-calon kepala daerah dengan alasan ingin mengabdikan diri untuk membangun Bona Pasogit. Akan tetapi pernyataan-pernyataan politis demikian perlu dicermati dengan seksama sebab perhatian serta kepedulian bukan semata-mata melalui kedudukan legislator atau eksekutif yang lebih berbobot kekuasaan. Dan bila dicermati dengan seksama fenomena pencalonan diri sebagai legislator maupun kepala daerah justru tidak berkorelasi dengan perhatian dan kepedulian sebelum-sebelumnya. Artinya, calon-calon tersebut baru memberikan perhatian serta kepedulian terhadap ketertinggalan, kemiskinan Bona Pasogit menjelang masa-masa pemilihan umum legislatif (Pileg) maupun pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) sehingga patut dicurigai hanya lah kamuflase politik, bukan didorong ketulusan, keikhlasan untuk membangun Bona Pasogit. Kondisi demikian sadar atau tidak akan merampas kesempatan putera-puteri daerah terbaik yang telah bersusah payah melakukan berbagai upaya memajukan Bona Pasogit selama ini.   
Pola pikir yang hanya memerlukan Bona Pasogit di akhir hayat dan ketika pemilihan legislatif,  pemilihan kepala daerah perlu segera dirubah serta  diluruskan agar Bona Pasogit tidak hanya diposisikan tempat pekuburan (tambak, simin-red), tempat mendulang suara demi kekuasaan yang tidak memberi manfaat keekonomian selain daripada nilai budaya an sich serta mewujudkan kekuasaan. Revolusi berpikir dari memerlukan Bona Pasogit di akhir hayat serta meraih kekuasaan politis  menjadi peduli Bona Pasogit semasa hidup dan tanpa nuansa pemilu melalui pemberian perhatian termasuk menanamkan investasi di Bona Pasogit perlu segera dilakukan seluruh generasi Batak yang telah sukses di rantau orang. Dengan demikian percepatan pembanguna kemajuan Bona Pasogit bisa diharapkan semakin maksimal. Peran, kepedulian diaspora Batak menjadi salah satu energi paling dahsyat mendorong kemajuan Bona Pasogit ke depan. 
Visi-misi perkumpulan (punguan marga, punguan anak pangaranto-red) perlu diarahkan serta difokuskan menjadi alat pemersatu, penghimpun diaspora Batak melakukan ‘Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP’ sehingga kesuksesan generasi Batak di negeri orang benar-benar menjadi lokomotif percepatan pembangunan Bona Pasogit. Pada masa gubernur Sumatera Utara Raja Inal Siregar pernah digelontorkan program ‘Marsipature Hutana Be/MHB’ tetapi program itu sepertinya tidak berkesinambungan, padahal program itu sangat baik dan positif untuk mengetuk hati nurani serta kepedulian anak rantau ke tanah leluhur atau Bona Pasogitnya. Seandainya program itu masih mengandung kelemahan-kelemahan di masa lalu tentu yang diperlukan adalah perbaikan-perbaikan supaya benar-benar memenuhi sasaran bukan menghentikannya sama sekali. Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP yang memiliki makna yang sama dengan Marsipature Hutana Be/MHB perlu dikembangkan secara optimal jembatan kemajuan yang menghubungkan Bona Pasogit dengan diaspora Batak dimana pun berada. Sehingga tidak muncul lagi ‘Holip sian mata, holip sian roha’ karena komunikasi dua arah antara Bona Pasogit dengan diaspora Batak berlangsung intensif dan berkesinambungan. 
Membangun jembatan komunikasi dua arah antara Bona Pasogit dengan Diaspora Batak perlu segera dilakukan pemerintah daerah di Bona Pasogit (Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah)  untuk menarik potensi diaspora Batak melakukan investasi di Bona Pasogit. Oleh sebab itu, pemerintah daerah di Bona Pasogit sudah saatnya melakukan komunikasi intensif serta berkesinambungan antar pemerintah daerah, antara pemerintah daerah dengan diaspora Batak dimana pun berada. Masing-masing harus mampu duduk bersama, setara dan sederajat dengan membuang ego sentris sehingga terwujud sinergi dan kerjasama untuk menggerakkan pembangunan di Bona Pasogit. 
Bona Pasogit memiliki potensi maha dahsyat, baik potensi sumber daya manusia (SDM) maupun potensi sumber daya alam (SDA) buktinya generasi Batak memiliki tingkat kecerdasan sangat tinggi sehingga mampu menduduki posisi strategis di berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional. Demikian juga potensi sumber daya alam (SDA) Bona Pasogit merupakan daerah penghasil energi listrik  di Sumatera Utara yang tersebar di berbagai kabupaten. Potensi kehutanan, pertambangan, pertanian, perkebunan rakyat seperti kebun karet, kemenyaan, peternakan, perikanan dan lain sebagainya sesuai klimatologi, geografis, serta kearifan lokal  Bona Pasogit.  Belum lagi potensi Danau Toba sebagai destinasi pariwisata dengan panorama alam yang indah sehingga mendapat julukan ‘Tao ni sude na tao’ (danau dari seluruh danau). Predikat Danau Toba ‘raja ni sude na tao’ (raja dari seluruh danau) bukanlah sebutan tak berdasar tetapi sebutan nyata sebab Danau Toba merupakan danau terbesar ketiga di dunia serta danau vulkanik terbesar diatas jagat raya ini. Tapi sayang, karunia besar Tuhan Yang Maha Esa itu belum mampu dikembangkan maksimal mendatangkan kemakmuran, kesejahteraan rakyat sekitarnya. Sementara di negara-negara lain yang tidak memiliki potensi pariwisata setara  keindahan panorama Danau Toba mampu menjadikan dirinya destinasi wisata serta penghasil pendapatan daerah semisal wisata kuliner, agrowisata dan lain sebagainya. Sehingga sulit diterima akal sehat bila terjadi “penelantaran” Danau Toba dalam kebijakan pemerintah daerah kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi Sumatera Utara seperti terkesan selama ini. 
Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP merupakan salah satu kiat menarik investasi dari diaspora Batak melalui jembatan jejaring “Rindu Kampung” yang dimotori pemerintah daerah Bona Pasogit dengan menyuguhkan matriks-matriks peluang investasi yang didukung inventarisasi, pemetaan potensi daerah di kabupaten Bona Pasogit. Inventarisasi, pemetaan serta matriks-matriks peluang investasi tentu haruslah dihasilkan melalui riset atau penelitian kredibel sehingga pemerintah daerah Bona Pasogit sudah saatnya menjadikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) merupakan liding sector  atau ujung tombak pembangunan, bukan seperti selama ini dijadikan inferior atau pelengkap saja. 
Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP dengan merevitasilasi ‘Arga do Bona ni Pinasa di halak na bisuk marroha’ harus dikumandangkan kembali secara terus-menerus untuk mengetuk hati diaspora Batak yang telah berhasil di rantau orang. Gerakan Rindu Kampung/GRK sebagaimana tradisi ‘Mudik’ di daerah-daerah lain adalah jembatan komunikasi dua arah antara diaspora Batak dengan tanah leluhur atau Bona Pasogit apalagi mampu dijadikan wahana memberikan informasi peluang investasi dengan berbagai keunggulan yang didapatkan bila menanamkan modalnya di Bona Pasogit. Oleh karena itu, pemerintah daerah di Bona Pasogit perlu memikirkan event temu kangen (Pasombu Sihol-red) sebagai agenda tahunan dengan menu-menu menarik sesuai kearifan lokal yang ada di Bona Pasogit. Dan tidak mustahil event-event seperti ini akan mampu mengetuk rasa rindu kampung diaspora Batak sebagaimana pesta bunga yang dilaksanakan di Kabupaten Karo dan lain sebagainya sehingga anak rantau yang berhasil di negeri orang ingin berkontribusi di tanah leluhurnya. 
Bona Pasogit adalah pusat kebudayaan Batak, khususnya Batak-Toba sehingga perlu dikembangkan maksimal menjadi laboratorium budaya Batak agar tidak hilang jati diri. Salah satu permasalahan terbesar bangsa ini pada era millennia adalah tergerusnya karakter serta jati diri bangsa. Demikian juga dengan bangso Batak, khususnya Batak-Toba yang sebahagian generasi-generasi mudanya khusus di daerah dispora (perantauan) tidak lagi memahami eksistensi serta jati dirinya. Karena itu lah penulis sangat setuju dan mendukung program Bupati Humbang Hasundutan Drs. Maddin Sihombing, MSi menggalakkan pendidikan kearifan lokal yakni pelajaran ‘Aksara Batak’ di Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai muatan lokal. Program ini merupakan langkah nyata melestrikan kearifan budaya, membangun karakter, jati diri sekaligus menjadikan Bona Pasogit pusat kebudayaan Batak, khususnya Batak-Toba. Langkah brilian Bupati Humbang Hasundutan Drs. Maddin Sihombing, MSi menjadikan kearifan budaya salah satu program pembangunan karakter dan jati diri hendaknya dilaksankan seluruh kabupaten di Bona Pasogit (Tapanuli Utara, Toba Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah) sehingga generasi-generasi Batak, khususnya Batak-Toba bangga dengan budayanya sendiri. Sebab pembangunan fisik tanpa dibarengi pembangunan karakter moral sesuai kearifan budaya akan melahirkan generasi-generasi tak berkarakter dan berjati diri. Salah satu contoh dengan melupakan kearifan lokal “Ndang jadi panganon sian toru ni rere” dalam terjemahan bebas tidak boleh dimakan dari jalan yang tak benar, maka penyakit kronis korupsi telah menjangkiti pemegang amanah di negeri ini. Bila kearifan-kearifan lokal dilestarikan serta dibumikan maka para pemegang amanah tidak akan melakukan penyimpangan serta  penyelewengan ketika mendapat amanah sebab di dalam dirinya telah tertanam nilai-nilai budaya yang harus dijaga, dipelihara selama hidupnya. 
Membangun Kemandirian Daerah.
Membangun kemandirian daerah dalam arti positif adalah salah satu hakikat otonomi daerah ataupun desentralisasi sehingga daerah kabupaten/kota mampu membangun kedaulatan daerah masing-masing sesuai  tipikal, spesifikasi daerah  dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu, pemerintah daerah termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) harus mampu melahirkan terobosan-terobosan unggul untuk mempercepat laju pembangunan di segala bidang yang menjadi kewenangan daerah sesuai Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Artinya, pemerintah kabupaten/kota dimungkinkan menelorkan model-model pembangunan sesuai kearifan lokal daerah masing-masing sehingga muncul produk-produk spesifik unggulan berdaya saing, baik di tinggat nasional maupun internasional. Kecerdasan serta kepiawian pemerintah daerah kabupaten/kota bersama DPRD melahirkan program-program berbasis kerakyatan serta kearifan lokal memungkinkan laju percepatan pembangunan antar daerah berbeda-beda. Oleh karena itu, DPRD selaku salah satu pelaku politik pembangunan sangat penting pada era otonomi daerah, seperti yang dianut Indonesia kini. Peran penting dari DPRD tercermin pada kegiatannya yang bukan saja menyetujui usulan peraturan daerah (Perda) dari pemerintah daerah (Pemda), melainkan melakukan inisiatif untuk mengajukan Perda (Drs. Suprapto & Ir. Rob van Raaij, 2007). 
Namun dalam kenyataannya, kemauan serta kemampuan DPRD kabupaten/kota mengajukan Perda inisiatif DPRD masih sangat rendah, padahal DPRD selaku wakil rakyat mengetahui serta memahami apa yang benar-benar diinginkan atau diharapkan rakyat  dari pemerintah daerah. Ketidakmauan, ketidakmampuan DPRD kabupaten/kota menangkap serta menjabarkan aspirasi rakyat yang diwakili memunculkan gelombang unjuk rasa atau demontrasi yang tidak mustahil berujung anarkhis. Salah satu contoh, hingga saat ini DPRD kabupaten di Bona Pasogit (Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah) belum satu pun mengajukan peraturan daerah (Perda) inisiatif DPRD untuk melindungi hak-hak keperdataan masyarakat hukum adat (hutan masyarakat hukum adat, tanah ulayat), padahal tuntutan-tuntutan masyarakat tentang hal itu sudah memakan korban serta menimbulkan trauma seperti yang dialami masyarakat hukum adat Desa Sipituhuta-Pandumaan, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan. 
Bukankah hakikat otonomi daerah adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan ? Sebagai koreksi terhadap sistem pemerintahan sentralistik- otoritarian yang memosisikan masyarakat daerah selama ini hanya obyek pembangunan serta menerima “halusinasi” pemerintah pusat tanpa memperhitungkan kondisi riil daerah sehingga banyak proyek sekadar proyek yang tidak bermanfaat terhadap akselerasi kemakmuran serta kesejahteraan rakyat daerah. Sesungguhnya, paradigma pembangunan di era otonomi daerah adalah menyertakan seluruh stakeholders pelaku pembangunan sebagai wujud nyata model bottom-up participative sehingga masyarakat daerah bukan lagi hanya obyek tetapi sekaligus subyek pembangunan di daerah. Dan menurut Drs. Suprapto & Ir. Rob van Raaij disebut model musyawarah dalam perumusan kebijakan publik, atau deliberative model of public policy. 
Meskipun penetapan kebijakan publik tetap domain pemerintah, tetapi proses dan muatan secara intens melibatkan publik dengan pola partisipatif, dan bukan mobilisatif. Kebijakan pola deliberatif diwujudkan dengan pembentukan Forum untuk Pembangunan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja (Forum for Economic Development and Employment Promotion/FEDEP) yakni sebuah forum lintas pelaku atau stakeholders forum yang bertujuan menjadi wadah dimana Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Masyarakat Daerah, khususnya pelaku bisnis di daerah, bersama-sama merumuskan agenda kebijakan pembangunan ekonomi daerah. Produk-produk yang dihasilkan FEDEP kemudian dipublikasikan ke publik seluas-luasnya dengan demikian calon-calon investor termasuk diaspora Batak yang telah berhasil di negeri orang tertarik menanamkan investasinya di Bona Pasogit. 
Pembangunan yang berbasis pada partisipasi masyarakat dilihat dari sudut pandang sosial budaya sebenarnya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Kerjasama saling menguntungkan, gotong royong merupakan bentuk-bentuk partisipasi yang sudah menjadi bagian tradisi dalam masyarakat. Kebijakan lokal seperti budaya konsensus (musyawarah untuk mencapai mufakat) memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia (Drs. Suprapto & Ir. Rob van Raaij, 2007). Bukti-bukti konkret seperti itu masih mudah ditemukan di tanah leluhur atau Bona Pasogit apalagi dilakukan dengan pendekatan kebudayaan (cultural approach) seperti pemberian lahan cuma-cuma untuk kepentingan publik. Akan tetapi, bila dilakukan dengan pendekatan kekerasan  pasti akan mendapat perlawanan keras, sebab kearifan lokal Batak, khususnya Batak-Toba mengatakan “Metmet si hapor lunjung, dijujung do uluna” artinya, sekecil apapun strata sosial orang Batak pantang dilecehkan harkat dan martabatnya. Karena itu, kunci sukses melakukan Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP menerapkan model bottom-up participative melalui pendekatan kebudayaan (cultural approach) serta kearifan lokal ditengah-tengah masyarakat setempat. 
Adanya stigma negatif yang dilontarkan pihak-pihak yang tidak mengetahui serta memahami kearifan lokal Batak, dimana sering ditudingkan bahwa sangat sulit melakukan pembangunan di Bona Pasogit perlu diluruskan sebab tudingan seperti itu hanya lah postulat-postulat murahan dan picisan. Masyarakat Bona Pasogit sangat mudah menerima laju kemajuan dengan satu syarat pembangunan dan kemajuan apa pun yang ditawarkan haruslah dilakukan melalui cultural approach tanpa itu pasti mendapat perlawanan dan penolakan keras. Pola-pola pendekatan kekerasan dalam bentuk apa pun dapat dipastikan akan gagal sama sekali sebab tipikal masyarakat Bona Pasogit bukan penakut, tetapi pemberani, berkarakter serta berjati diri. Karena itu, pendekatan ampuh adalah melalui sentuhan adat budaya sebagai kearifan lokal yang telah diwariskan para leluhur. Apabila mampu melakukan hal itu dengan optimal apa pun yang hendak dilakukan pasti mencapai sukses gemilang karena telah menyentuh nilai-nilai keluhuran yang dijunjung serta diyakini masyarakat Bona Pasogit. 
Penutup. 
Diaspora Batak, khususnya Batak-Toba merupakan modal besar memacu laju pembangunan di Bona Pasogit sehingga pemerintah daerah di Bona Pasogit perlu melakukan langkah-langkah konkret untuk mengetuk hati dan kepedulian putera-puteri Bona Pasogit yang telah berhasil di perantauan agar berkontribusi mengentaskan kemiskinan, ketertinggalan tanah leluhurnya. Inisiatif pemerintah daerah di Bona Pasogit membentuk jembatan komunikasi dua arah antara Bona Pasogit dengan anak rantau harus dilakukan intensif dan berkesinambungan. Pemerintah daerah perlu membentuk wadah permanen apakah berbentuk forum atau apa pun namanya , tetapi wadah tersebut perlu terlembaga bukan temporer dan insidental. 
Pemerintah daerah di Bona Pasogit (Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah) perlu melakukan kerjasama antar daerah untuk melahirkan event bersama secara berkesinambungan untuk menggelorakan “Gerakan Membangun Bona Pasogit/GMBP” dengan sprit ‘Arga do Bona ni Pinasa di halak na bisuk marroha’ sehingga hati nurani diaspora Batak, khususnya Batak-Toba yang telah berhasil di perantauan tersentuh untuk menginvestasikan kapitalnya di Bona Pasogit. Kondisi riil hari ini laju pembangunan di Bona Pasogit masih sangat jauh tertinggal dengan daerah-daerah lain termasuk pembangunan infrastruktur jalan serta fasilitas umum lainnya sehingga Bona Pasogit yang sering disebut Pantai Barat jauh ketinggalan dengan saudaranya di Pantai Timur. Apabila pemerintah daerah di Bona Pasogit mampu membangkitkan animo “Rindu Kampung (Masihol tu Huta)” maka akselerasi pembangunan di Bona Pasogit pasti meningkat dengan pesat di masa-masa mendatang. 
Sentuhan-sentuhan kultural dengan pendekatan kearifan lokal warisan leluhur diyakini masih ampuh menggugah perhatian serta kepedulian diaspora Batak yang telah sukses dirantau orang. Oleh sebab itu, pemerintah daerah di Bona Pasogit harus mampu merumuskan, menelorkan event-event menarik yang mendorong lahirnya “Rindu Kampung” anak rantau Bona Pasogit. Dengan lahirnya rindu kampung (masihol tu huta-red) maka multiplier effect percepatan laju pembangunan di Bona Pasogit akan semakin meningkat di masa-masa akan datang.   
  Semoga tulisan ini mampu menggugah hati dan pikiran putera-puteri Batak, khususnya Batak-Toba agar lebih peduli dengan kemiskinan, ketertinggalan Bona Pasogit yang menyandang predikat “peta kemiskinan” sementara putera-puterinya di rantau orang memiliki segudang kesuksesan hingga kesohor ke seluruh penjuru dunia. Bona Pasogit tidak hanya menginginkan bau harum (uap na hushus-red) dari anak rantaunya, tetapi kontribusi riil untuk mengubah peta kemiskinan menjadi tanah harapan sepanjang masa. 
Horas Bona Pasogit ! Ndang na lupa au tu ho !
                                                                                                           Medan, 29 Mei 2013
      Thomson Hutasoit.