Bagian Keempat (Habis)
Perbedaan
ulaon adat jolma namangolu dohot jolma na monding.
Secara garis besar bahwa bentuk, jenis dan macam adat Batak-Toba ada 2 (dua)
yakni; ulaon adat untuk orang hidup (baca: ulaon adat jolma na mangolu), dan
ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat jolma na monding).
Ulaon adat orang hidup seperti Marupa-upa (ulaon marhesek-hesek,
marebat-ebat, ulaon tardidi, ulaon malua, ulaon tamat sian singkola, ulaon
dapot karejo, ulaon dapot jabatan, dohot na asing), Mangupa ( malua sian
parmaraan, tarsonggot, mulak anak na mago), mangompoi sibagandingtua, manulangi
tulang paborhat laho mangoli, marunjuk/mangadati/ pasahat sulang-sulang ni
pahompu huhut manggarar adat na gok, manjalo ulos matua dan lain sebagainya.
Ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat jolma na monding) seperti;
tilahaon (tilahaon dakdanak, tilahaon doli-doli/anak boru, tilahaon naung
marruma tangga), mate ponggol, mate maninggalhon sapsap mardum, mate mangkar,
monding sarimatua, monding sautmatua, monding maulibulung), mangogkal
holi/saring-saring.
Pada Batak-Toba ada ungkapan “Sai jumolo ma na matua dipajolo” artinya,
sebaiknya orang tua lebih duluan meninggal daripada anak-anaknya.
Permintaan seperti itu adalah manusiawi sedangkan yang menentukan siapa
duluan meninggal adalah otoritas mutlak Tuhan Yang Maha Kuasa sebab “Ndada
simanuk-manuk sibontar andora, ndada sitodo turpuk siahut lomo ni roha”. ”Timbo
dolok martimbang hatubuan ni simarhera-hera, Debata parbanua ginjang ido
manontuhon suhat-suhat ni hosa ni jolma manisia”.
Bila orang tua memberangkatkan anaknya atau anaknya duluan meninggal dari
orang tua maka orang tua itu disebut “Tilahaon Sorimatua”.
Dan “Tilahaon
Sorimatua” adalah kesedihan besar (baca: sitaonon na dokdok) bagi seorang orang
tua pada Batak-Toba.
Yang sering menjadi permasalahan akibat perbedaan adat adalah ulaon adat
pesta perkawinan (baca: marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu
huhut manggarar adat na gok) dan ulaon adat Sarimatua, Saurmatua, dan
Maulibulung.
Sehingga perlu ditilik lebih mendetail makna sejati dari kedua
jenis ulaon adat tersebut.
Makna sejati dari ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni
pahompu huhut manggarar adat na gok adalah membayar hutang (baca: manggarar
utang) adat oleh pihak paranak kepada pihak parboru.
Sehingga sebaiknya,
ketentuan adat pihak parboru lah yang harus dituruti atau dipenuhi pihak
paranak, bukan sebaliknya pihak paranak memaksakan ketentuan adatnya terhadap
pihak parboru.
Apakah tidak ganjil bila pihak berutang memaksakan kehendak kepada pihak
berpiutang ? Sementara pihak paranak selalu mengatakan manggarar adat na gok
(manggarar utang adat) kepada pihak parboru tetapi kenyataannya pihak paranak
tidak mau memberikan ketentuan-ketentuan adat pihak parboru (baca: hula-hula)
dengan alasan adat na masa di huta nami.
Alasan adat na masa di huta nami adalah ketentuan lokal atau daerah bukan
makna hakiki manggarar utang sehingga tidak cocok dijadikan alasan penolakan
dalil, norma adat pihak parboru.
Alibi seperti itu terlalu lemah, dan apabila
dipaksakan maka dominasi pihak paranak kepada pihak parboru tampak dengan
nyata.
Dalam situasi kondisi demikian prinsip somba (baca: hormat) marhula-hula akan
menjadi pertanyaan besar !
Dan salah
satu Patik Batak adalah ”Na so jadi” marsomba sonduk ni hula-hula tu boruna. Artinya,
tidak boleh memosisikan hula-hula dibawah dominasi boru walau dengan alasan apa
pun.
Pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut
manggarar adat na gok pihak parboru lah lebih diutamakan atau dihormati (baca:
na niambangan) sedangkan unsur-unsur pihak paranak adalah merupakan bahagian pembayar
hutang (baca: si garar utang) adat.
Kelompok pihak paranak (baca: suhi ni ampang na opat; paramaan, sihutti
ampang, todoan, simolohon) dengan kelompok pihak parboru (baca: suhi ni ampang
na opat; pamarai, tulang, todoan, pariban) atau sebutan lain berdasarkan daerah
(baca: goar ni suhi ni ampang na opat di luat na be) adalah bahagian tak terpisahkan prosesi adat
memberi dan menerima (baca: mangalehon dohot manjalo) ketentuan-ketentuan adat
pesta perkawinan.
Pemahaman paripurna tentang makna sejati ulaon adat memudahkan mencari
solusi perbedaan adat dengan baik dan benar.
Sehingga tidak ditemui lagi
persoalan penyelesaian perbedaan adat sekalipun melibatkan dua daerah berbeda adat.
Sedangkan makna sejati ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat ni na
monding) bukanlah membayar hutang (baca: manggarar utang) adat kepada pihak
hula-hula. Melainkan ulaon adat partuat manang pasae ariari si meninggal
tersebut.
Sehingga penyebutan na niambangan pada ulaon adat orang meninggal
sungguh tidak layak dan tidak lazim.
Ulaon adat partuat atau pasae ariari bermakna menyelesaikan segala hal
ikhwal hubungan adat (baca: na monding) dengan saparadatannya bukan kepada
hula-hula ataupun tulang. Sebab aksioma adat Batak-Toba “Holi-holi dibondut,
holi-holi diutahon”.
Artinya, jika selama hidupnya si
meninggal menerima ketentuan adat dari Dongan Tubu atau Dongan Saparadatan maka
ketika si orang tua tersebut meninggal maka para anak-anaknya akan membayar hal
yang sama kepada Dongan Tubu atau Saparadatannya itu.
Kalau tidak demikian maka
si orang tua meninggal masih berutang adat kepada Dongan Tubu atau Dongan Saparadatannya.
Hutang adat kepada hula-hula telah selesai ketika ulaon adat
marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok
sehingga ketika meninggal tidak lagi manggarar utang kepada hula-hula.
Sebab tidak ada dua kali manggarar utang adat (baca:
marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na
gok) kecuali dua kali kawin (baca: dua hali marhasohotan).
Karena itulah makna ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni
pahompu huhut manggarar adat na gok disebut membayar adat penuh (baca:
manggarar adat na gok) pada Batak-Toba.
Pemberian (baca: pasahat) ulos saput atau ulos tujung/sampe tua dari
hula-hula dan/atau tulang harus dimaknai kewajiban adat dari hula-hula kepada
borunya atau dari tulang kepada berenya bukan hak.
Sebab tanpa ulaon adat na
gok partuat atau pasae ariari orang meninggal pun (baca: Mate Mangkar, Sarimatua,
Saurmatua), hula-hula dan/atau tulang wajib memberikan ulos saput atau ulos
tujung/sampe tua.
Adakalanya seseorang meninggal bila dirunut dari sudut keturunan (baca:
parpinomparon) sudah seharusnya marulaon na gok (Baca: Sarimatua, Saurmatua)
pada saat meninggal dunia (baca: monding).
Tetapi ketika si orang tua tersebut meninggal keadaan ekonomi para anak-anaknya
tidak mampu (baca: marpogos) sehingga tidak bisa melaksanakan ulaon na gok
partuat atau pasae ariari orang tua pada
saat itu juga.
Kondisi ekonomi tak mampu memaksa para anak-anaknya dan keluarga harus
berjanji kepada Dongan Tubu atau Dongan Saparadatan akan melaksakanan adat na
gok orang tuanya dikemudian hari.
Janji adat seperti itu pada Batak-Toba
disebut ”Mangema”.
Karena itulah pada Batak-Toba bisa anak atau pahompu ketika meninggal
membawa (baca: mamboanthon) adat na gok bapak/mamak/kakek/neneknya.
Ai hansit
do tangan mandanggurhon na so adong.
Dan sangat tidak baik memaksakan diri hingga ” bintang na rumiris tu ombun
na sumorop, jagal pe nunga hu bagi ris alai ianggo haumangku ingkon borot”.
Ai
tu ginjang ninna porda sai tu toru pambarbaran, sai tu ginjang ninna roha alai
sai paturunhon do sibaran.
Sude do jolma marsinta-sinta naeng gabe, mamora, sangap alai turpuk do
sijaloon, bagian sipaimaon.
Artinya, semua manusia bercita-cita hebat dan
terhormat tetapi tidak ada manusia yang mampu menolak takdir (baca: turpuk).
Sedangkan pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni
pahompu huhut manggarar adat na gok hula-hula menuntut hak adat atas perkawinan
borunya kepada pihak paranak.
Sebaliknya pihak paranak berkewajiban adat kepada pihak hula-hula karena
anaknya mempersunting boru pihak lain.
Karena itulah ada istilah na niambangan.
Pemaknaan demikian memperjelas dan mempertegas perbedaan antara ulaon adat
orang masih hidup dengan ulaon adat orang meninggal.
Selain daripada itu, pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat
sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok bapak/ibu (baca:
among/inong) nya lah manggarar adat anaknya atau hasuhuton.
Sedangkan pada ulaon adat meninggal (baca: Sarimatua, Saurmatua,
Maulibulung) anak-anaknya lah yang membayar (baca: manggarar) adat partuat atau
pasae ariari orang tuanya (baca: among/Inong).
Karena itu lah menurut hukum adat Batak-Toba mengawinkan (baca: pangolihon,
pamulihon anak/pahutahon boru) kewajiban dan tanggungjawab orang tua.
Sedangkan
ulaon adat partuat atau pasae ariari orang tua adalah kewajiban dan
tanggungjawab anak-anaknya.
Penutup.
Dengan memahami bentuk, jenis dan macam adat serta makna sejati dari ulaon
adat tersebut dengan paripurna maka solusi perbedaan adat Batak-Toba akan
relatif mudah ditemukan.
Sebaliknya, tanpa pemahaman yang baik dan benar apalagi hanya dilandasi sebatas
pernah dilihat (baca: Eme na masak digagat ursa, ima na masa ima taula) maka
ketika terjadi interaksi adat dari daerah berbeda adatnya akan sulit menemukan
solusi permasalahan.
Menggunakan ungkapan-ungkapan seperti “Sidapaot solup do na ro”, “Asing
dolok asing do duhutna, asing luat asing do adatna” dan lain sebagainya tanpa
memahami makna hakiki hanyalah alibi pembenaran dangkal yang tidak
menyelesaikan permasalahan, malah memicu gesekan lebih jauh.
Menggali makna hakiki perhelatan (baca” ulaon adat) Batak-Toba merupakan
salah satu upaya konkrit untuk meminimalisir perbedaan-perbedaan adat antar
daerah sehingga interaksi adat dari daerah daerah berbeda tidak menjadi titik
gesek atau titik bentur dalam pelkasanaan adat Batak-Toba.
Ulaon adat harus mampu dijadikan wahana memperkuat harmoni kekeluargaan dan
kekerabatan seperti ungkapan “Sinuan bulu sibahen na las, sinuan partuturan
sibahen na horas” agar ulaon adat benar-benar mendatangkan kebahagiaan bagi
seluruh pihak.
Dengan demikian, tudingan-tudingan
miring dari pihak-pihak yang alergi atau ingin menghilangkan adat Batak-Toba
bisa ditepis atau terbantahkan.
Oleh sebab itu, segala bentuk gesekan, permasalahan, persoalan yang
berpotensi mendegradasikan makna luhur adat harus dihindarkan dengan prinsip
“Aek godang tua aek laut, dos ni roha do sibahen na saut”.
Tulisan ini mengundang pembahasan lebih luas dan mendalam dari seluruh
sidang pembaca yang budiman khususnya para tokoh-tokoh adat Batak-Toba agar
ditemukan solusi ketika terjadi perbedaan adat sehingga perbedaan adat bisa diselesaikan
dengan baik dan benar.
Horas! Horas ! Horas !
Medan, 20 Juli 2012-07-28
Thomson Hutasoit.
Penulis : Direktur Eksekutif LSM Kajian
Transparansi Kinerja Instansi Publik (ATRAKTIP), Wakil Sekretaris Forum
Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Sumatera Utara, Wakil Pemimpin
Redaksi SKI ASPIRASI, Pemimpin Redaksi Harian DETEKSI, DETEKSINEWS.Com, Penasehat Kordinator Wartawan Unit DPRD
Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Umum Punguan Borsak Bimbinan Hutasoit,
Boru, Bere Kota Medan Sekitarnya, Wakil Sekretaris II Pomparan Toga Sihombing
(PARTOGI) Medan Sekitarnya, Penasehat Punguan Toga Lumban Gaol Sektor Helvetia
Medan, Penulis Buku Keluhuran Budaya Batak-Toba, tinggal di Medan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.